Jumat, 24 Juni 2016

Sekolah Versus Kuliah

Ketika menulis ini, saya baru selesai mengerjakan soal UAS. Ribet parah. Pusing ewwwh. Jadi gini lho, kuliah tuh ga seenak kaya di ftv. This is so fucking true. Kamu bakal dihadapkan pada kenyataan kalo waktu tidur kamu di malam hari akan tersita. Ya, mau ga mau kamu harus mau. Sebenernya apa aja sih hal-hal yang yang membedakan kuliah dengan zaman sekolah dulu?
1. Pakaian
Jika waktu sekolah dulu kamu pake seragam yang itu-itu aja, maka saat kuliah kamu bisa memilih sebebas-bebasnya baju yang akan kamu pakai. Mau pake daster sekalipun, terserah. Asal sopan. Inget ya, sopan. Bukan berarti kamu bisa pake bikini yang paha nya keliatan sampe luka bekas digigit kecoa kamu pamerin ke orang-orang. Inget, bukan kaya gitu. Kamu bisa pake jeans yang robek-robek, kaos polos, kemeja, t-shirt atau apapun selama kamu nyaman.
2. Waktu
Benar sekali, waktu luang kamu banyak. Tapi akan ada masa nya waktu tidur kamu tersita banyak banget. Di tiap mata kuliah kamu akan diberi tugas secara terus menerus. Waktu belajar di kampus ga se-lama pas kita sekolah, tapi kamu harus siap dengan tugas yang akan bikin kamu pengen balikan sama mantan. Lho kok mantan? Iya, biar ada yang bantuin nugas. lol. Engga deng, pokonya kamu jangan berharap tugas akan selesai begitu saja, karena sehabis tugas terbitlah tugas. You have to face this reality. YEAY!
3. Teman
Kalo kamu punya geng di sekolah, jangan sia-siakan! Ya, jangan pernah. Karena apa? Temen kuliah ga kaya temen sekolah dulu, dimana kamu bisa nyontek tugas atau pr dadakan di sekolah. Mereka aja udah pusing sama tugas masing-masing dan ga bakal kepikiran sama orang lain. Kamu akan menghadapi teman dengan keanehan masing-masing. SERIOUSLY. Kamu akan terkejut saat di lingkungan kampus ada cewe celana nya robek-robek dan dia ngerokok, atau temen yang datang ke kampus cuma satu kali seminggu. HAHA
4. Aturan
Kalo pas sekolah kamu dihukum pas kesiangan gara-gara pesawat kamu mogok, di perkuliahan kamu ga akan menghadapi hal itu. Sekali kamu telat, yaudah telat. Tapi tergantung aturan dosennya juga sih. Tapi rata-rata maksimal toleransi buat yang kesiangan tuh 15 menit. Kamu juga bisa titip absen alias tipsen. ASIK GA TUH? tipsen tuh maksudnya gimana sih? Gini lho, misalnya pacar kamu besok mau disunat dan besok ada jadwal kuliah, kamu bisa nitip tanda tangan ke temen. KEREN GA? tapi, jangan deh. ITU TUH DOSA. HAHA inget yaaaa, dosa!
5.Tanggung Jawab
Kalo waktu sekolah kamu masih labil kaya bala-bala, pas kuliah kamu akan sadar betapa berharganya kejujuran.  Kamu akan dewasa dengan cara kamu sendiri. Oh iya, kalo kamu ngekost maka kamu akan dibikin ribet dangan pikiran kamu sendiri. Pertama, cucian. YA ALLAH CUCIAN BELOM KERING BESOK PAKE BAJU APA???? kedua, makan. Kamu akan dihadapkan dengan kenyataan bahwa jauh dari orang tua mewajibkan kamu untuk mandiri. Mau kamu ga makan 500 juta tahun juga orang ga akan peduli. Ketiga, kejujuran. Males kuliah? pengen tiduran? Males berangkat ke kampus? mau main tapi ada jadwal? semua tergantung keputusan dari diri kamu sendiri. Kamu jujur atau pun engga, orang ga akan peduli. Makanya kamu bertanggung jawab penuh atas apa yang kamu lakuin.
Kayanya segitu aja yang bikin sekolah beda banget sama kuliah. Seperti yang kita ketahui kalo manusia harus tumbuh, begitu juga dengan pendidikan. Ga mungkin gitu-gitu aja kan?

Salam mahasiswi semester dua yang mulai lelah kuliah tapi mau gimana lagi ya jalani aja.
Mwah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana postingan kali ini? Silakan isi dikolom komentar. :))